Bekerja Dari Hati

Artikel ini adalah Pengalaman Pribadi, dari apa yang kami lalui sebagai sebuah tim kecil (Power Station Crews) dalam sebuah perusahaan didalam Perusahaan, yang bekerja untuk kehidupan yang lebih baik.

maintenance crews

maintenance crews

Berawal dari Tanggung Jawab sebagai seorang karyawan, kami melakukan rutinitas pekerjaan dengan kemampuan dan semangat kami yang tinggi, kami berharap dapat melakukan yang terbaik. Baik buat Perusahaan dan tentunya baik juga buat pribadi kami sebagai pribadi yang berkarya.

Disetiap pertemuan pagi atau yang lazim kami sebut rapat koordinasi yang tujuannya adalah pengaturan atau pembagian job, review pekerjaan, rencana kerja hari ini, dll. dan yah… slalu ada bumbu-bumbu canda antar kami yang tak jarang diakhiri dengan tawa lepas…hmm pagi yang indah plus kopi tentunya

Kami ini pekerja dengan atmosphere “cap lonceng” tepatnya seluruh anggota tim kerja adalah para lelaki tangguh he..he..he…Narsis? Whatever.

Tingkat resiko kerja yang tinggi mulai dari keselamatan kerja yang harus ekstra hati-hati, kebisingan suara mesin yang mencapai 120dB yang cukup mampu membuat tuli jika bekerja tanpa perlengkapan pengaman telinga yang optimal, Temperatur area kerja yang cukup menggerahkan dan yang paling sedih adalah; kami ini secara tak langsung harus menelan pil pahit dimana kebanyakan orang slalunya menyumpahi bahkan mungkin ada saja yang mengutuk ketika secara tak disengaja pelayanan yang kami berikan terputus apalagi tanpa pemberitahuan sebelumnya. Bagaimana tidak, karena kami bekerja untuk membangkitkan listrik sebagai monopoli pemasok energy listrik untuk kepentingan umum.

Hanya satu kekuatan yang buat kami sanggup melakukan semua ini, yah…Bekerja Dari Hati. Serumit apapun gangguan pada mesin pembangkit, walau harus menguras tenaga ditengah panas dan bising, kami punya tim kecil yang tangguh dan kami percaya dengan tim tak ada yang susah. Untuk menjaga keharmonisan hubungan, kami slalu melakukan “Nongkrong Rutin” sebulan bisa dua kali. Terkadang mancing bareng atau sekedar duduk ditepi laut sambil menikmati menu Ocean Corner (tempat santai ditepi laut dikota gurindam)

Disini, kami punya bahasa sendiri dalam berkomunikasi antar sesama rekan tim kala pekerjaan sedang berlangsung, kenapa demikian? Ya memang kondisi pekerjaanlah yang menuntut demikian. Sembilan unit mesin pembangkit dengan kapasitas tujuh unit kali dua juta lima ratus ribu watt dan dua unit mesin kali lima ratus ribu watt. Bisa anda bayangkan sendiri bagaimana tingkat kebisingannya jika seluruh mesin beroperasi. Bahasa tubuh adalah bahasa yang paling efektif digunakan. Anda tentu sudah tak asing dengan bahasa tubuh sewaktu seseorang menggesek gesekkan ibu jari dengan jari telunjuknya kepada anda, maksudnya adalah duit/ uang, tetapi disini ditempat kerja kami maksudnya bukanlah duit/ uang melainkan kunci inggris (adjustable spanner) dan masih banyak sekali bahasa tubuh yang lainnya yang sejujurnya bagiku pribadi ini pelajaran training by doing (kebiasaan menjadi biasa)

Aku pribadi termasuk orang yang beruntung diberikan kepercayaan untuk memimpin tim kecil ini. Suka duka? Aku percaya pekerjaan apapun bidang apapun mestilah ada suka dukanya. Duka yang terasa dan mungkin sangat mengganggu fikiran dalam bekerja tinggal bagaimana kita menyikapinya saja. Teringat sebuah pepatah mengatakan Semua orang ingin jadi pemimpin tetapi tidak semua orang mampu memimpin. Kalo diminta bercermin mungkin aku belum layak memimpin tim kecilku ini tapi dengan belajar, mau mendengar, sabar, memahami bawahan serta peduli dengan keadaan smoga apa yang menjadi kendala tidaklah serumit apa yang mungkin kita fikirkan sangat sulit. Karena terkadang sering sekali kita tidak melihat apa yang ada didepan mata, untuk melengkapinya tentulah Doa yang tulus dan hanya menyerahkan seluruh kesulitan hanya pada-Nya

This article dedicated for my GREAT TEAM MEMBERS;

1. ZULPRIADY; Mechanic Leader

2. DEDI CHANDRA; Mechanic

3. BAMBANG RAHINO; Mechanic

4. EFFENDI; Electrician

5. BAMBANG MUHARNITO; Mechanic

6. FERRY DERMAWAN; Mechanic

7. JONI YANTO; Operator

8. SOPYAN HADI; Operator

9. ADI SISWOYO; Operator

10. FAISOL; Operator

11. RINGGO SANTOSO; Operator

12. EDWIN; Operator

13. TRIANTO; Operator

14. CANDRA RIAWAN; Operator

15. SUNARDI; Operator

16. USIN YANUTAMA; Operator

17. AGUS; Operator

18. ADNAN; Operator {Resigned}

19. RIKI RIYANTO; Operator

Together, we can make it simple and remember to Keep it simple guys…